TIK
RESUME MATERI
KELOMPOK
Oleh
:
RIANTI RAHMI
1425040004
S1.A
FAKULTAS TEKNIK
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2016
Resume
Materi Kelompok 1
CLOUD COMPUTING
Pengertian Cloud
Computing
Komputasi awan (Cloud Computing) adalah di mana informasi secara
permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di
komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook,
komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.
Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan
teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan
(cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan
di diagram jaringan komputer.
Manfaat
Menggunakan Cloud Computing
Dengan
adanya cloud computing akan mengubah paradigma perusahaan ataupun organisasi IT
dalam memandang investasi teknologi komunikasi
informasi. "Investasi untuk modal kapital berubah
menjadi biaya operasional dengan besaran
yang lebih efisien akibat adanya cloud
computing,dan Ini membuat para pengguna
(user) bebas berkreasi dan tidak perlu
menyediakan infrastruktur (data center, processing power, storage, sampai ke
aplikasi desktop) untuk dapat memiliki sebuah sistem, karena semuanya sudah
disediakan secara virtual
Karakteristik Cloud
Computing
a.
On-Demand Self-Services
b.
Broad Network Access
c.
Resource Pooling
d.
Rapid Elasticity
e.
Measured Service
Ketika berbicara tentang sistem
cloud computing, sistem ini terbagi menjadi dua bagian: ujung depan dan ujung
belakang. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan, biasanya adalah
Internet.
Ujung depan termasuk komputer klien
(atau jaringan komputer) dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses sistem
komputasi awan.
Di ujung belakang sistem adalah
berbagai komputer, server dan sistem penyimpanan data yang menciptakan “cloud”
dari layanan komputasi. Secara teori, sebuah cloud computer system dapat
mencakup hampir semua program komputer yang dapat anda bayangkan, dari data
pengolahan hingga video game. Biasanya, setiap aplikasi akan memiliki
server khusus nya sendiri.
Sebuah server pusat mengelola
sistem, memantau lalu lintas dan permintaan client untuk memastikan semuanya
berjalan lancar. Sistem ini mengikuti seperangkat aturan yang disebut protokol
dan menggunakan jenis khusus dari perangkat lunak yang disebut middleware.
Middleware network memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.
Sebagian besar, server tidak berjalan pada kapasitas penuh. Itu berarti ada
kekuatan pemrosesan yang hasil buangannya tidak terpakai. Maka akan memerlukan
sebuah cara. Teknik ini disebut virtualisasi server. Dengan memaksimalkan
output dari setiap server, virtualisasi server mengurangi kebutuhan pada mesin
dalam bekerja.
Jenis
layanan yang Disediakan Cloud
Computing
Secara umum, layanan Cloud Computing
dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu
aplikasi / perangkat lunak,
platform, dan infrasturktur ( Software as a Service, Platform as a Service, dan
Infrastructure as a Service)
Contoh Perusahaan Pemberi Layanan Cloud Computing
·
SaaS
Google,
seperti Google Docs, Gmail, GoogleCalendar, dll. Microsoft, seperti Microsoft
Office Web Apps, Microsoft Office Communication Online, Microsoft Dynamics CRM,
dll.
·
PaaS
Google,
seperti Google App Engine, Google Web Toolkit, dll. Microsoft, seperti
Microsoft Windows Live, Microsoft Windows Azure, dll.
·
IaaS
Amazon Web Service,
seperti Amazon Elastic Compute Cloud (EC2). Skytap, seperti Skytap Cloud(TM)
Hexagrid, seperti V3Cloud Reseller Program
Aspek
Keamanan dan Privasi Cloud Computing
Sebelum
suatu perusahaan/organisasi mendapatkan keuntungan dari komputasi awan, ada beberapa
aspek yang berkaitan dengan Keamanan dan Privasi di bawah ini yang harus
diperhatikan :
1.
Manajemen
Akses dan Identitas
2.
Integritas
Layanan
3.
Integritas
Klien
4.
Proteksi
Informasi
Kelebihan
Dan Kelemahan Cloud Computing
v
Kelebihan :
a. Kemudahan Akses
b. Fleksibilitas
c. Penghematan (Tanpa
investasi awal)
d. Mengubah CAPEX
Menjadi OPEX
e. Lentur dan Mudah
Dikembangkan
f. Fokus pada bisnis
bukan pada TI
Selain itu kelebihan yang lain
adalah;
v
Kelemahan
Komputer
akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet
bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari
cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua
tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server
vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan
mengalami kerugian besar.
Resume
Materi Kelompok 2
E-Commerce
& E-Business
1.
PENGERTIAN E-BUSINESS
E-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi
elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel
Dalam kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis
berdasarkan transaksinya
1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3. Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan
konsumen yang lain)
4. Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis
atau perusahaan)
5. Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan
yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
Faktor-faktor keberhasilan E Business
•
Faktor pertama adalah
tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan
perusahaan.
•
Faktor kedua adalah
kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik
kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas,
Integritas, dan Privasi
Contoh-contoh Bisnis Elektronik Selain Perbankan :
•
Affiliate Marketing /
Affiliasi / Reseller
•
PPC (Pay Per Click) Publisher
•
PTR (Paid To Review)
Dampak Positive E-Business
–
Revenue Stream (aliran
pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di
sistem transaksi tradisional.
–
Dapat meningkatkan market
exposure (pangsa pasar).
–
Menurunkan biaya operasional(operating
cost).
–
Melebarkan jangkauan
(global reach).
–
Meningkatkan customer
loyality.
–
Meningkatkan supplier
management.
–
Memperpendek waktu
produksi.
–
Meningkatkan value chain
(mata rantai pendapatan)
Dampak Negatif E-Business :
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
- Kerugian yang tidak terduga
2. PENGERTIAN
E-COMMERCE
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik
atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan
jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau
jaringan komputer lainnya
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
•
Newsgroup
•
On-line Shopping
•
Conferencing
•
Online Banking, dll
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-COMMERCE
a. Kelebihan
Bagi organisasi / perusahaan
•
Pasar internasional
•
Penghematan biaya
operasional
•
Kustomisasi masal
•
Berkurangnya kendala
inovasi
•
Batasan waktu kerja dapat
diatasi
Bagi konsumen
•
Akses penuh 24 jam / 7
hari
•
Lebih banyak pilihan
•
Perbandingan harga
•
Proses pengantaran produk
yang inovatif
Bagi masyarakat
•
Praktek kerja yang lebih
fleksibel
•
Terhubungnya masyarakat
dengan masyarakat lain
•
Kemudahan akses fasilitas
publik
b. Kekurangan
Bagi organisasi / perusahaan
•
Keamanan sistem rentan
diserang
•
Persaingan tidak sehat
•
Masalah kompabilitas
teknologi lama dengan yang lebih baru
Bagi konsumen
•
Perlunya keahlian
komputer
•
Biaya tambahan untuk
mengakses internet
•
Resiko bocornya privasi
dan data pribadi
•
Berkurangnya rasa
kepercayaan karena konsumen berinteraksi hanya dengan komputer
Bagi masyarakat
•
Berkurangnya interaksi
antar manusia
•
Kesenjangan sosial
•
Adanya sumber daya yang
terbuang
•
Sulitnya mengatur
internet
3. PERBEDAAN
E-COMMERCE DAN E-BUSINESS
Secara ringkas perbedaan e-business dan e-commerce
•
E-business lebih luas dalam lingkup
dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
•
E-commerce hanya mencakup transaksi
bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan
konsumen, dll.
•
E-commerce pada prinsipnya
melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang
tidak diperlukan
Resume
Materi Kelompok 3
KEAMANAN
DAN SECURITY KOMPUTER
1.
KEAMANAN KOMPUTER
Keamanan
komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan
nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer.
Beberapa hal yang menjadikan kejahatan komputer
terus terjadi :
•
Meningkatnya
pengguna komputer dan internet
•
Banyaknya
software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan
cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin disalahgunakan untuk melakukan
scanning system orang lain.
•
Banyaknya
software-software untuk melakukan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa
di download secara gratis.
Sebab diperlukannya pengamanan sistem computer
•
Resiko
ancaman
• Mengurangi Melindungi
system dari kerentanan
• Melindungi system dari
gangguan alam seperti petir dan lain-lainnya
2. SECURITY KOMPUTER
Menurut Garfinkel dan Spafford,
ahli dalam computer security, komputer dikatakan aman jika bisa
diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan
Lingkup Security Sistem
Komputer
•
Pengamanan
secara fisik
•
Pengamanan
akses
•
Pengamanan
data
•
Pengamanan
komunikasi jaringan
Pengamanan komunikasi
jaringan
•
Privacy
•
Confidentiality
•
Integrity
•
Autentication
•
Availability
Bentuk ancaman dari
sistem keamanan komputer, yaitu
q Interupsi (interruption)
Interupsi
adalah bentuk ancaman terhadap ketersediaan (availability), dimana data dirusak
sehingga tidak dapat digunakan lagi.
q Intersepsi (interception)
Intersepsi
adalah bentuk ancaman terhadap kerahasiaan (secrecy), dimana pihak yang tidak
berhak berhasil mendapat hak akses untuk membaca suatu data atau
informasi dari suatu sistem komputer
q Modifikasi (modifikation)
Modifikasi
adalah bentuk ancaman terhadap integritas (integrity), dimana pihak yang tidak
berhak berhasil mendapat hak akses untuk mengubah suatu data atau
informasi dari suatu sistem komputer
q Pabrikasi (fabrication)
Pabrikasi
adalah bentuk ancaman terhadap integritas. Tindakan yang dilakukan dengan
meniru dan memasukkan suatu objek ke dalam sistem komputer
Definisi Enkripsi
Enkripsi adalah
proses mengubah atau mengamankan sebuah teks asli atau teks terang menjadi
sebuah teks tersandi
Resume
Materi Kelompok 4
MULTIMEDIA DAN DATABASE
1. PENGERTIAN MULTIMEDIA
William Ditto (2006) menyatakan definisi multimedia dalam
ilmu pengetahuan mencakup beberapa aspek yang saling bersinergi, antara teks,
grafik, gambar statis, animasi, film dan suara.
Sebuah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam
pembelajaran menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Berdasarkan
hasil penelitian maka multimedia interaktif
dapat dikatakan sebagai media yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam
membantu proses pembelajaran.
MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BESERTA UNSUR-UNSURNYA
1.
Teks
2.
Audio
3.
Grapichs
4.
Animasi
5.
Simulasi
6.
Video
FUNGSI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
1.
Multimedia digunakan sebagai salah satu unsur
pembelajaran di kelas.
2.
Multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran
mandiri.
3.
Multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di
dalam pembelajaran.
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MULTIMEDIA DALAM
PEMBELAJARAN
Fenrich (1997)
menyimpulkan keunggulan multimedia pembelajaran antara lain:
1.
Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan, kesiapan
dan keinginan mereka. Artinya pengguna sendirilah yang mengontrol proses
pembelajaran.
2.
Siswa belajar dari tutor yang sabar (komputer)
yang menyesuaikan diri dengan kemampuan dari siswa.
3.
Siswa akan terdorong untuk mengejar pengetahuan dan
memperoleh umpan balik yang seketika.
KELEMAHAN MULTIMEDIA
Ø
Desain yang buruk menyebabkan kebingungan dan
kebosanan sehingga pesan tidak tersampaikan dengan baik.
Ø
Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat
atau disable.
Ø
Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.
Ø
Perkembangan media yang cepat selalu menuntut edukasi
bagi pengguna.
2.
PENGERTIAN DBMS (DATA BASE
MANAGEMENT SYSTEM) MENURUT PARA AHLI
Ø
Menurut C. J. Date: Data Base Management System
(DBMS) adalah software yang menghandel semua akses pada database untuk
melayani keperluan user.
Ø
Menurut S, Attre: Data Base Management System
(DBMS) yaitu software, hardware, firmware serta procedure-procedure yang
memanage database. Firmware yaitu software yang sudah jadi modul yang tertanam
pada hardware (ROM).
Ø
Menurut Gordon C. Everest: Data Base Management
System (DBMS) yaitu manajemen yang efisien untuk mengorganisasi sumber
daya data.
Ø
Menurut C. J. Date: Data Base Management System
(DBMS) adalah software yang menghandel semua akses pada database untuk
melayani keperluan user.
Ø
Menurut S, Attre: Data Base Management System
(DBMS) yaitu software, hardware, firmware serta procedure-procedure yang
memanage database. Firmware yaitu software yang sudah jadi modul yang tertanam
pada hardware (ROM).
Ø
Menurut Gordon C. Everest: Data Base Management
System (DBMS) yaitu manajemen yang efisien untuk mengorganisasi sumber
daya data.
FUNGSI DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
·
Menjaga Integritas Data
·
Penyimpanan Data (Data Storage Management)
·
Kamus Data
·
Transformasi dan Penyajian Data
·
Keamanan Data
·
Memungkinkan Akses Beberapa User
·
Menyediakan Prosedur Backup dan Recovery
·
Menyediakan bahasa akses dan pemograman
·
Menyediakan interface untuk komunikasi
·
Manajemen Transaksi
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PEMAKAIAN DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
Keuntungan
Pengunaan Data Base Management System (DBMS) yaitu
·
Kebebasan data serta akses yang efisien
·
Mereduksi saat pengembangan aplikasi
·
Integritas serta keamanan data
·
Administrasi keseragaman data
Kerugian Pengunaan Data
Base Management System (DBMS) kerap membutuhkan kemampuan penyimpanan
primer serta sekunder yang semakin besar dari pada yang dibutuhkan oleh program
aplikasi lain.
MACAM-MACAM DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
1.
MySQL
2.
Oracle
3.
Firebirh
4.
Microsoft SQL server 2000
5.
Visual Foxpro 6.0
6.
Database Desktop Paradox
Resume
Materi Kelompok 5
MULTIMEDIA DAN DATABASE
Defenisi Sistem Pakar
Sistem pakar adalah sistem
yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat
menyelesaikan masalah seperti yang biasa
dilakukan para ahli
Pengembangan Sistem Pakar
1. Sistem pakar generasi
pertama
Menggunakan
aturan jika-maka untuk merepresentasikan dan menyimpan pengetahuannya
2. Sistem pakar generasi kedua
Jauh
lebih fleksibel dalam mengadopsi banyak representasi pengetahuan dan metode
pertimbangan
Ciri – ciri Sistem Pakar
a.
Memiliki
fasilitas informasi yang handal
b.
Mudah
dimodifikasi
c.
Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer
d.
Memilki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
e.
Bekerja secara sistematis berdasarkan pengetahuan dan
mekanisme tertentu.
f.
Pengambilan keputusan berdasarkan kaidah-kaidah tertentu
dan dapat merespons masukkan user (melalui kotak dialog).
g.
Dapat menalar data-data yang tidak pasti dan memberikan
beberapa alasan pemilihan.
h.
Dikembangkan secara bertahap dan terbatas pada bidang
keahlian tertentu saja.
i.
Outputnya
berupa saran atau anjuran.
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pakar
1.
Kelebihan
Sistem Pakar :
a. Memungkinkan orang awam bisa
mengerjakan pekerjaan para ahli
b. Menyederhanakan pekerjaan dan
meningkatnya efisiensi kerja
c. Bisa melakukan proses secara berulang
secara otomatis
d. Menyimpan pengetahuan dan keahlian
para pakar
e. Meningkatkan output dan produktivitas
f. Meningkatkan kualitas
g. Mampu mengambil dan melestarikan
keahlian para pakar
h. Mampu beroperasi dalam lingkungan
berbahaya
i. Memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan
j. Memiliki realibilitas
k. Meningkatkan kapabilitas system computer
l. Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan
informasi yang tidak lengkap dan
mengandung ketidakpastian
m. Sebagai media pelengkap dalam pelatihan
n. Meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian
masalah
o. Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan
Kelebihan Sistem Pakar
Bagi Manajer
a.
Mempertimbangkan
lebih banyak alternatif
b.
Menerapkan
logika tingkat tinggi
c.
Mempunyai
lebih banyak waktu untuk mengevaluasi aturan pengambilan keputusan
d.
Logika
Konsisten
Keuntungan Sistem Pakar
Bagi Perusahaan
a.
Kinerja Lebih baik dari tim manajemen
b.
Mempertahankan
sumber daya pengetahuan perusahaan
Komponen
Utama Sistem Pakar
a. User
Interface (Antarmuka Pemakai)
1. Input
Sistem Pakar
2. Output
Sistem Pakar
b. Knowledge
Base (Basis Pengetahuan)
c. Inference
Engine (Mesin Inferensi)
d. Development
Engine
Komentar
Posting Komentar