TIK
RESUME MATERI KELOMPOK


Hasil gambar untuk logo unm






                         
Oleh :
RIANTI RAHMI
1425040004
S1.A


FAKULTAS TEKNIK
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2016





Resume Materi Kelompok 1
CLOUD COMPUTING
Pengertian Cloud Computing
Komputasi awan (Cloud Computing) adalah di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.
Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

Manfaat Menggunakan Cloud Computing
            Dengan adanya cloud computing akan mengubah paradigma perusahaan ataupun organisasi IT dalam  memandang  investasi  teknologi  komunikasi  informasi.  "Investasi  untuk  modal  kapital berubah menjadi  biaya  operasional  dengan  besaran  yang  lebih  efisien  akibat  adanya  cloud computing,dan  Ini  membuat  para  pengguna  (user)  bebas  berkreasi  dan  tidak  perlu menyediakan infrastruktur (data center, processing power, storage, sampai ke aplikasi desktop) untuk dapat memiliki sebuah sistem, karena semuanya sudah disediakan secara virtual

Karakteristik Cloud Computing
a.    On-Demand Self-Services
b.    Broad Network Access
c.    Resource Pooling
d.    Rapid Elasticity
e.    Measured Service


Ketika berbicara tentang sistem cloud computing, sistem ini terbagi menjadi dua bagian: ujung depan dan ujung belakang. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan, biasanya adalah Internet.
Ujung depan termasuk komputer klien (atau jaringan komputer) dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses sistem komputasi awan.
Di ujung belakang sistem adalah berbagai komputer, server dan sistem penyimpanan data yang menciptakan “cloud” dari layanan komputasi. Secara teori, sebuah cloud computer system dapat mencakup hampir semua program komputer yang dapat anda bayangkan, dari data pengolahan hingga video game. Biasanya, setiap aplikasi akan memiliki server khusus nya sendiri.
Sebuah server pusat mengelola sistem, memantau lalu lintas dan permintaan client untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Sistem ini mengikuti seperangkat aturan yang disebut protokol dan menggunakan jenis khusus dari perangkat lunak yang disebut middleware. Middleware network memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebagian besar, server tidak berjalan pada kapasitas penuh. Itu berarti ada kekuatan pemrosesan yang hasil buangannya tidak terpakai. Maka akan memerlukan sebuah cara. Teknik ini disebut virtualisasi server. Dengan memaksimalkan output dari setiap server, virtualisasi server mengurangi kebutuhan pada mesin dalam bekerja.

Jenis layanan yang Disediakan Cloud Computing
Secara umum, layanan Cloud Computing dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu
aplikasi / perangkat lunak, platform, dan infrasturktur ( Software as a Service, Platform as a Service, dan Infrastructure as a Service)
Contoh Perusahaan Pemberi Layanan Cloud Computing
·         SaaS
Google, seperti Google Docs, Gmail, GoogleCalendar, dll. Microsoft, seperti Microsoft Office Web Apps, Microsoft Office Communication Online, Microsoft Dynamics CRM, dll.
·         PaaS
Google, seperti Google App Engine, Google Web Toolkit, dll. Microsoft, seperti Microsoft Windows Live, Microsoft Windows Azure, dll.
·         IaaS
Amazon Web Service, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (EC2). Skytap, seperti Skytap Cloud(TM) Hexagrid, seperti V3Cloud Reseller Program
Aspek Keamanan dan Privasi Cloud Computing
Sebelum suatu perusahaan/organisasi mendapatkan keuntungan dari komputasi awan, ada beberapa aspek yang berkaitan dengan Keamanan dan Privasi di bawah ini yang harus diperhatikan :
1.    Manajemen Akses dan Identitas
2.    Integritas Layanan
3.    Integritas Klien
4.    Proteksi Informasi
Kelebihan Dan Kelemahan Cloud Computing
v  Kelebihan : 
a.    Kemudahan Akses
b.    Fleksibilitas
c.    Penghematan (Tanpa investasi awal)
d.    Mengubah CAPEX Menjadi OPEX
e.    Lentur dan Mudah Dikembangkan
f.     Fokus pada bisnis bukan pada TI
Selain itu kelebihan yang lain adalah;
v  Kelemahan
Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

Resume Materi Kelompok 2
E-Commerce & E-Business
1.    PENGERTIAN E-BUSINESS
            E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel
Dalam kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya
1.    Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2.    Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3.    Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4.    Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5.    Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
Faktor-faktor keberhasilan  E Business
       Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
       Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :  Validitas, Integritas, dan Privasi
Contoh-contoh Bisnis Elektronik Selain Perbankan :
       Affiliate Marketing / Affiliasi / Reseller
       PPC (Pay Per Click) Publisher
       PTR (Paid To Review)
Dampak Positive E-Business
        Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
        Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
        Menurunkan biaya operasional(operating cost).
        Melebarkan jangkauan (global reach).
        Meningkatkan customer loyality.
        Meningkatkan supplier management.
        Memperpendek waktu produksi.
        Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
Dampak Negatif E-Business :
  1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
  2. Pencurian informasi rahasia yang berharga
  3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
  4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
  5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
  6. Kerugian yang tidak terduga
2.    PENGERTIAN E-COMMERCE
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
       Newsgroup
       On-line Shopping
       Conferencing
       Online Banking, dll

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-COMMERCE
a.    Kelebihan
Bagi organisasi / perusahaan
          Pasar internasional
          Penghematan biaya operasional
          Kustomisasi masal
          Berkurangnya kendala inovasi
          Batasan waktu kerja dapat diatasi
Bagi konsumen
          Akses penuh 24 jam / 7 hari
          Lebih banyak pilihan
          Perbandingan harga
          Proses pengantaran produk yang inovatif
Bagi masyarakat
          Praktek kerja yang lebih fleksibel
          Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain
          Kemudahan akses fasilitas publik
b.    Kekurangan
Bagi organisasi / perusahaan
          Keamanan sistem rentan diserang
          Persaingan tidak sehat
          Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru
Bagi konsumen
          Perlunya keahlian komputer
          Biaya tambahan untuk mengakses internet
          Resiko bocornya privasi dan data pribadi
          Berkurangnya rasa kepercayaan karena konsumen berinteraksi hanya dengan komputer
Bagi masyarakat
          Berkurangnya interaksi antar manusia
          Kesenjangan sosial
          Adanya sumber daya yang terbuang
          Sulitnya mengatur internet

3.    PERBEDAAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS
Secara ringkas perbedaan e-business dan e-commerce
          E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
          E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
          E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan
Resume Materi Kelompok 3
KEAMANAN DAN SECURITY KOMPUTER
1.    KEAMANAN KOMPUTER
Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer.
     Beberapa hal yang menjadikan kejahatan komputer terus terjadi :
       Meningkatnya pengguna komputer dan internet
       Banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain.
       Banyaknya software-software untuk melakukan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa di download secara gratis.
     Sebab diperlukannya pengamanan sistem computer
       Resiko ancaman
       Mengurangi Melindungi system dari kerentanan
       Melindungi system dari gangguan alam seperti petir dan lain-lainnya

2.    SECURITY KOMPUTER
Menurut Garfinkel dan Spafford, ahli dalam computer security, komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan
Lingkup Security Sistem Komputer
       Pengamanan secara fisik
       Pengamanan akses
       Pengamanan data
       Pengamanan komunikasi jaringan
Pengamanan komunikasi jaringan
       Privacy
       Confidentiality
       Integrity
       Autentication
       Availability
Bentuk ancaman dari sistem keamanan komputer, yaitu  
q  Interupsi (interruption)
Interupsi adalah bentuk ancaman terhadap ketersediaan (availability), dimana data dirusak sehingga tidak dapat digunakan lagi.
q  Intersepsi (interception)
Intersepsi adalah bentuk ancaman terhadap kerahasiaan (secrecy), dimana pihak yang tidak  berhak berhasil mendapat hak akses untuk membaca suatu data atau informasi dari suatu sistem komputer
q  Modifikasi (modifikation)
Modifikasi adalah bentuk ancaman terhadap integritas (integrity), dimana pihak yang tidak  berhak berhasil mendapat hak akses untuk mengubah suatu data atau informasi dari suatu sistem komputer
q  Pabrikasi (fabrication)
Pabrikasi adalah bentuk ancaman terhadap integritas. Tindakan yang dilakukan dengan meniru dan memasukkan suatu objek ke dalam sistem komputer
Definisi Enkripsi
Enkripsi adalah proses mengubah atau mengamankan sebuah teks asli atau teks terang menjadi sebuah teks tersandi
Resume Materi Kelompok 4
MULTIMEDIA DAN DATABASE
1.    PENGERTIAN MULTIMEDIA
William Ditto (2006) menyatakan definisi multimedia dalam ilmu pengetahuan mencakup beberapa aspek yang saling bersinergi, antara teks, grafik, gambar statis, animasi, film dan suara.
Sebuah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka multimedia interaktif  dapat dikatakan sebagai media yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam membantu proses pembelajaran.
MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BESERTA UNSUR-UNSURNYA
1.    Teks
2.    Audio
3.    Grapichs
4.    Animasi
5.    Simulasi
6.    Video
FUNGSI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
1.    Multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas.
2.    Multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri.
3.    Multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran.
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Fenrich (1997) menyimpulkan keunggulan multimedia pembelajaran antara lain:
1.    Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan, kesiapan dan keinginan mereka. Artinya pengguna sendirilah yang mengontrol proses pembelajaran.
2.    Siswa belajar dari tutor yang sabar (komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan dari siswa.
3.    Siswa akan terdorong untuk mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika.

KELEMAHAN MULTIMEDIA
Ø  Desain yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan sehingga pesan tidak tersampaikan dengan baik.
Ø  Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat atau disable.
Ø  Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.
Ø  Perkembangan media yang cepat selalu menuntut edukasi bagi pengguna.

2.    PENGERTIAN DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM) MENURUT PARA AHLI
Ø  Menurut C. J. Date: Data Base Management System (DBMS) adalah software yang menghandel semua akses pada database untuk melayani keperluan user. 
Ø  Menurut S, Attre: Data Base Management System (DBMS) yaitu software, hardware, firmware serta procedure-procedure yang memanage database. Firmware yaitu software yang sudah jadi modul yang tertanam pada hardware (ROM). 
Ø  Menurut Gordon C. Everest: Data Base Management System (DBMS) yaitu manajemen yang efisien untuk mengorganisasi sumber daya data. 
Ø  Menurut C. J. Date: Data Base Management System (DBMS) adalah software yang menghandel semua akses pada database untuk melayani keperluan user. 
Ø  Menurut S, Attre: Data Base Management System (DBMS) yaitu software, hardware, firmware serta procedure-procedure yang memanage database. Firmware yaitu software yang sudah jadi modul yang tertanam pada hardware (ROM). 
Ø  Menurut Gordon C. Everest: Data Base Management System (DBMS) yaitu manajemen yang efisien untuk mengorganisasi sumber daya data.
FUNGSI DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
·         Menjaga Integritas Data
·         Penyimpanan Data (Data Storage Management)
·         Kamus Data
·         Transformasi dan Penyajian Data 
·         Keamanan Data
·         Memungkinkan Akses Beberapa User
·         Menyediakan Prosedur Backup dan Recovery
·         Menyediakan bahasa akses dan pemograman
·         Menyediakan interface untuk komunikasi
·         Manajemen Transaksi
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PEMAKAIAN DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
Keuntungan Pengunaan Data Base Management System (DBMS) yaitu
·         Kebebasan data serta akses yang efisien 
·         Mereduksi saat pengembangan aplikasi 
·         Integritas serta keamanan data 
·         Administrasi keseragaman data 
Kerugian Pengunaan Data Base Management System (DBMS) kerap membutuhkan kemampuan penyimpanan primer serta sekunder yang semakin besar dari pada yang dibutuhkan oleh program aplikasi lain.
MACAM-MACAM DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
1.    MySQL
2.    Oracle
3.    Firebirh
4.    Microsoft SQL server 2000
5.    Visual Foxpro 6.0
6.    Database Desktop Paradox



Resume Materi Kelompok 5
MULTIMEDIA DAN DATABASE
Defenisi Sistem Pakar
Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan  masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli
Pengembangan Sistem Pakar
1.   Sistem pakar generasi pertama
Menggunakan aturan jika-maka untuk merepresentasikan dan menyimpan pengetahuannya
2.   Sistem pakar generasi kedua
Jauh lebih fleksibel dalam mengadopsi banyak representasi pengetahuan dan metode pertimbangan
Ciri – ciri Sistem Pakar
a.    Memiliki fasilitas informasi yang handal
b.    Mudah dimodifikasi
c.    Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer
d.    Memilki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
e.    Bekerja secara sistematis berdasarkan pengetahuan dan mekanisme tertentu.
f.     Pengambilan keputusan berdasarkan kaidah-kaidah tertentu dan dapat merespons masukkan user (melalui kotak dialog).
g.    Dapat menalar data-data yang tidak pasti dan memberikan beberapa alasan pemilihan.
h.    Dikembangkan secara bertahap dan terbatas pada bidang keahlian tertentu saja.
i.      Outputnya berupa saran atau anjuran.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pakar
1.    Kelebihan Sistem Pakar :
a.    Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
b.    Menyederhanakan pekerjaan dan meningkatnya efisiensi kerja
c.    Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis
d.    Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
e.    Meningkatkan output dan produktivitas
f.     Meningkatkan kualitas
g.    Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar
h.    Mampu beroperasi dalam lingkungan berbahaya
i.       Memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan
j.       Memiliki realibilitas
k.     Meningkatkan kapabilitas system computer
l.       Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan    mengandung ketidakpastian
m.    Sebagai media pelengkap dalam pelatihan
n.     Meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian masalah
o.     Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan
Kelebihan Sistem Pakar Bagi Manajer
a.        Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
b.        Menerapkan logika tingkat tinggi
c.        Mempunyai lebih banyak waktu untuk mengevaluasi aturan pengambilan keputusan
d.        Logika Konsisten
Keuntungan Sistem Pakar Bagi Perusahaan
a.        Kinerja Lebih baik dari tim manajemen
b.        Mempertahankan sumber daya pengetahuan perusahaan
Komponen Utama Sistem Pakar
a.    User Interface (Antarmuka Pemakai)
1.    Input Sistem Pakar
2.    Output Sistem Pakar
b.    Knowledge Base (Basis Pengetahuan)
c.    Inference Engine (Mesin Inferensi)
d.    Development Engine







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seven Segment

Mikrokontroler